LDII Launching Proklim Bersama Pemerintah di Saat Iklim Memanas

PEKANBARU – LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) Riau meluncurkan Program Kampung Iklim (ProKlim) disaat iklim kota semakin memanas di RW 05, Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai Barat, kota Pekanbaru pada Selasa pagi, (16/5 2023).

Ketua DPW LDII Riau
komitmen LDII Riau untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi dampak perubahan iklim

Ketua DPW LDII Riau, Dr. Imam Suprayogi, menyampaikan komitmen LDII Riau untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi dampak perubahan iklim yang dimulai dari RW.05 yang akan berkelanjutan.

“Perubahan Iklim dan lingkungan menjadi skala prioritas LDII dan termasuk dalam 8 klaster program prioritas Munas IX LDII 2021,” ucap Imam Suprayogi.
Ketua Umum DPP LDII, Ir. KH Chriswanto Santoso, M.Sc, mengapresiasi langkah yang diambil oleh LDII Riau dalam mewujudkan kampung ProKlim. Ia juga menekankan bahwa LDII sangat memperhatikan lingkungan, yang dibuktikan dengan penanaman lebih dari 4 juta pohon di seluruh Indonesia.

Ketum DPP LDII mengunjungi Riau
LDII sangat memperhatikan lingkungan, yang dibuktikan dengan penanaman lebih dari 4 juta pohon di seluruh Indonesia.

 

Awaldi Hasibuan, penggagas dan Ketua RW 05, menyatakan bahwa Program ProKlim telah diusulkan sejak lama, namun menghadapi kendala dalam hal sumber daya manusia untuk mendaftarkannya ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Berkat bantuan pengurus dan mahasiswa LDII Riau, program ini akhirnya dapat dilaksanakan,” ujar Awaldi Hasibuan yang juga tokoh petani teladan tingkat nasional.

Awaldi Hasibuan mengajak semua pihak untuk menjadikan sampah sebagai sumber manfaat, bukan sebagai musuh.

Ketua RW.05 Awaldi Hasibuan
Ketua RW.05 Awaldi Hasibuan

Pemerintah Kota Pekanbaru, melalui Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru yang diwakili oleh Ingot Ahmad Hutasuhut, sangat mendukung program kampung ProKlim yang diluncurkan oleh LDII. Pemko Pekanbaru siap untuk bersinergi dengan LDII dalam program ini.

Setelah launching Program Kampung Iklim (Proklim) dengan penyerahan Surat Keputusan dilanjutkan dengan membagikan bibit tanaman oleh Pengurus Harian Karang Taruna Provinsi Riau kepada perwakilan warga Kelurahan Agro Wisata dan menanda tangani komitmen bersama untuk mendukung proklim secara berkelanjutan.

Ketua DPP LDII
komitmen bersama untuk mendukung proklim secara berkelanjutan

Acara peluncuran dan dialog interaktif Program ProKlim dihadiri oleh Ketua Umum DPP LDII, Ir. KH Chriswanto Santoso, M.Sc, Asisten II Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, drh. H. Muhammad Firdaus, M.Si, Camat Fachruddin Panggabean, S.Sos., M.AP, seluruh Lurah se-Kecamatan Rumbai Barat, Ikhsan, ST, Karang taruna, Organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat, dan penggiat lingkungan.

 

Dengan diluncurkannya Program ProKlim di Kampung RW 05, diharapkan akan terjadi perubahan positif dalam pengelolaan lingkungan dan penanganan sampah di kawasan tersebut. LDII Riau berharap program ini dapat memberikan dampak yang signifikan dalam upaya melindungi dan melestarikan lingkungan, sejalan dengan komitmen untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

 

Setelah selesai di Embung Merah Putih kegiatan ditutup dengan kunjungan keliling RW.05 Kelurahan Agro Wisata Rumbai Barat Kota Pekanbaru.

Sumber : Yefrizal
Fotografer : Muri STMK

rif

Ucapan atau Tulisan adalah Tindakan mewakili diri dan nama, Seperti lebahlah yang menghsilkan madu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *