LDII Pekanbaru Berikan Pembekalan dan Praktek Kemandirian Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Bagi Masyarakat dan Generasi Muda

PEKANBARU – KontrasRiau.com – Melalui Program Penggerak Pembina Generasi Penerus(PPG), Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Pekanbaru.

 

Melakukan pembekalan kepada warga dan generasi penerus LDII, dengan tema “Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga menjadi pupuk organik cair,padat dan pembuatan media tanam.”

Pemateri Oleh bidang Litbang,Iptek dan Sumber daya Alam Dewan Pimpinan Daerah(DPD) LDII Pekanbaru, Bpk Sugianto.

Acara di dilaksanakan outdoor di halaman masjid Baitul Makmur Jl.persatuan, purwodadi ujung, Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani – Kota Pekanbaru. Minggu(09/10/2022)pagi

Acara di dimulai dari jam 09.00 s/d 13.30. WIB, Di hadiri tokoh pembina LDII, wakil pengurus PPG, dan di ikuti peserta dari dalam kota dan utusan luar kota.acara berjalan lancar,Barokah .dan disambut antusias oleh warga dan peserta yang hadir.minggu 09/10/2022.

Sri purwanto S.Pd selaku ketua PPG menyampaikan, Tujuan Program kemandirian. Membekali generus pranikah khususnya, agar mempunyai life skill guna mempersiapkan kemandirian hidup.” Ujar Sri Purwanto S.Pd dan juga selaku kepala sekolah SMP AMBS.

Joko Purnomo, S.St selaku wakil ketua PPG juga menambahkan selain tujuan diatas ,untuk membekali ketrampilan bagi generasi muda-mudi, LDII untuk lebih tahu ilmu sebagai upaya kelestarian lingkungan hidup dan upaya pemanfaatan limbah rumah tangga yang ada di sekitar rumah kita.

Contohnya limbah dapur sampah organik, dan limbah buah-buahan untuk dijadikan pupuk cair dan kompos, yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman berupa bunga dan sayuran tanaman di lingkungan rumah kita.” Jelasnya.

Bidang Litbang,Iptek dan Sumber daya Alam LDII Pekanbaru kota, Sugianto mengatakan program pembinaan PPG pekanbaru yang dilakukan hari ini sangat tepat sekali, kaitannya kemandirian pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik cair,padat dan pembuatan media tanam.

Ini bentuk implementasi program, Dewan Pimpinan Pusat( DPP) LDII . yang sudah di jalankan selama ini.

Dengan program ini akan mengacu pada program delapan kaster LDII. yaitu ketahanan pangan,lingkungan hidup dan apotik hidup(obat herbal).

Harapan dengan program ini warga LDII, bisa menanam tanaman di lahan sempit seperti perkotaan dengan menggunakan media polybek atau pot plastik.

Apa yang ditanam harapannya, sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Contoh kebutuhan dapur,lingkungan hidup tanaman hias,apotik hidup obat herbal.

Dan ini semua bisa dilakukan dengan pemupukan organik. imbuhnya sugianto dan juga pemateri.

Harapan saya kata Nurhasan Fadilah Salam, A.MdS selaku peserta,sekaligus pengurus DPD LDII Kota Pekanbaru.

Semoga akan ada pelatihan lanjutan, mengenai pemanfaatan pupuk sebagai media tanam Dan pengendalian Hama untuk tanaman Dalam polybek atau pot sampai tanaman bisa berhasil lanjutnya.

Bidang organisasi, kaderisasi dan keanggota’an DPD LDII Kota Pekanbaru.
Rendy Agus Prasenjani, S.Pd menambahkan kami Sebagai peserta, merasa besyukur atas kegiatan yang telah di selenggarakan PPG.

Program ini merupakan salah satu, jawaban dan solusi terkait harga pupuk kimia yg sangat tinggi.

Mudah-mudahan kegiatan ini bisa, berkelanjutan sampai menumbuhkan generasi muda yg mandiri sebagai bekal kebutuhan sehari-hari Amiin..,Ujar Sekretaris PC LDII Tuah Madani.

Ucapan disampaikan para panitia penyelenggara yang sangat tersanjung dengan menjadinya tuan rumah semoga peserta dalam mengimplementasikan bisa berhasil, berbuah dan Barokah Amiin..

Dan mohon maaf atas kekurangan, dalam penyambutan dan pelayanan para peserta yang hadir semoga harapan PPG terus melakukan terobosan untuk kemandirian generus.” Sebutnya. (Omeng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *