No icon

SMOKE HAZARD

BAHAYA NYA ASAB KABUT KARHUTLA

4 Wilayah di Riau Dikepung Asap Karhutla

KAMPAR : Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terus terjadi di Provinsi Riau. Kini ada 4 wilayah diselimuti asap pekat dari kebakaran lahan.

BMKG Pekanbaru merilis ada 39 sebaran titik panas pada level confidence 70 persen. Sebaran titik panas ini terdapat di Kabupaten Bengkalis 1, Kampar 1, Pelalawan 2, Rokan Hilir 1, Siak 4, Indragiri Hilir 14, Indragiri Hulu 16.

Dari kondisi tersebut, BMKG Pekanbaru menyebutkan asap masih mengepung langit Riau. Hari ini ada 4 wilayah yang dikepung asap yakni Pekanbaru dengan jarak pandang hanya 2 Km. Menyusul Dumai dengan jarak pandang 2 Km dan Pelalawan 3 Km. Ketiga daerah ini dipastikan karena terkepung asap.

"Sedangkan satu lagi Inhu statusnya udara kabur dengan jarak pandang 4 Km," kata Stas Analisis BMKG Pekanbaru, Yudhistira Mawaddah kepada wartawan, Jumat (9/8/2019).


Untuk Pekanbaru, kabut asap sudah mengepung dua pekan lamanya. Asap di ibu kota Provinsi Riau ini merupakan asap kiriman dari sejumlah kabupaten di Riau.

Akibat asap ini, Dinas Kesehatan Pemkot Pekanbaru sudah meliris terhitung 28 Juli hingga 3 Agustus 2019 ada 1.236 warga terdampak menyakit ISPA.


Gubernur Riau, Syamsuar selaku Komandan Satgas Karhutla beberapa kali menilai asap belum mengkhawatirkan. Asap yang sudah mengepung sejumlah wilayah dinilai belum pekat.

Begitu juga pada hari ini tgl 10 september 2019 sampai tgl 13 september 2019 dengan resmi DINAS PENDIDIKAN KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA kab kampar mengumumkan libur kepada sekolah binannya untuk mengantipasi nggangguan Kesehatan pernapasan dampak dari kabut asap yang semakin menebal

 

 
   

 

 

Comment As:

Comment (0)