No icon

SENKOM

Selamat Ulang Tahun Kabupaten Kampar. 06 Februari 2019

Hari ini, Senin, 6 Februari 2019, Kabupaten Kampar genap berusia 69 tahun.  SENKOM MITRA POLRI bersama TNI dan POLRI ikut dalam pengamanan hari jadi kabupaten kampar di Kec Kampar Kiri Tengah di Desa Lubuk Sakai

Sejak 6 Februari 1950 Kabupaten Kampar telah resmi memiliki nama, batas-batas wilayah, dan pemerintahan yang sah dan kemudian dikukuhkan dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1956 tentang pembentukan otonomi daerah Kabupaten Kampar dan lingkungan daerah Provinsi Sumatera Tengah.

Pada tanggal 1 Januari 1950 ditunjuklah Datuk Wan Abdul Rahman sebagai Bupati Kampar pertama dengan tujuan untuk mengisi kekosongan pemerintah, karena adanya penyerahan kedaulatan Pemerintah Republik Indonesia hasil Konfrensi Bundar.

Sejalan dengan perkembangannya waktu, ibu kota Kabupaten Kampar pun berubah, yang tadinya Pekanbaru menjadi Bangkinang, dengan pertimbangan karena Pekanbaru sudah menjadi ibu kota Provinsi Riau. Selain itu sudah menjadi Pekanbaru kotamadya. Pertimbangan lain karena posisi Bangkinang dinilai strategis, yakni tengah-tengah wilayah Kabupaten Kampar, makanya jadi ibu kota Kabupaten Kampar.

Zaman terus berubah, sejalan dengan semangat otonomi daerah, maka Kabupaten  Kampar pun ”melahirkan kabupaten baru” yakni Rokan Hulu dan Pelalawan.

Melihat sejarah lalu, ternyata sudah banyak wilayah yang berhasil dibina oleh Kabupaten Kampar. Kota Pekanbaru yang dulunya merupakan ibu kota Kabupaten Kampar, ini sudah berubah menjadi kota metropolitan. Demikian juga Pelalawan dan Rokan Hulu, dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Kampar, kini sudah berkembang menjadi wilayah yang maju. 

Untuk itu, di Hari Jadi Kabupaten Kampar ke-69 ini, mari bersama-sama merefleksi diri, ke depan apa yang harus diperbuat, apa yang harus dikurangi.


semoga bermanfaat dan mohon maaf 

Alhamdulillah Jaza Koulo Khoiro

Comment As:

Comment (0)